Jumat, 02 Juni 2023

Semua Bagus

Alhamdulillah cek darah pagi ini bagus hasilnya...
Sempet nanya ke dokter, 
🧕 : "Hasil semua bagus, tapi kenapa saya tadi malam sesak nafas ?"
👩‍⚕️ : "Sesaknya gmn, Bu ? Berat di dada / gmn ? Sekalian saya periksa, Bu..."
🧕 : "Ngga ada berat kayak keteken, Dok... kalo mikir berat otomatis sesak dadanya kayak ada beban ditaruh di dada, kalo saya ngga ada... kayak katup nafasnya ditutup / dicubit aja..."
👩‍⚕️ : "Ibu bisa tidur ?"
🧕 : "Bisa... abis sesak / saat sesak juga tetap usaha bisa tidur enak, Dok ..."
👩‍⚕️ : "Ini jantung & paru2nya bersih... Apa Ibu ada mikir / overthinking ?"
🧕 : "mikir pasti ada... tapi semua saya bikin logic... kayak penyakit saya, saya akan nyebutnya, 「nama2 penyakit」... kalo yg dirasa ngga enak, itu yg saya mikir utk gmn caranya enak... misal kayak sekarang sesak, yg saya pikir itu adalah gmn caranya utk bisa nafas enak... trus maksudnya Dokter dgn overthinking tadi apa ?"
👩‍⚕️ : "kayak Ibu berpikir yg seperti, saya kondisi kayak gini jangan2 sakit ini nih..."
🧕 : "Oo... itu ngga berlaku buat saya, Dok... saya usaha utk selalu berpikir logis... memprediksi kemungkinan2 iya ~ tapi dgn didasarin alasan keilmuan  ... wong saat Bpk saya kasih tau ke saya kalo Bpk saya sakit Leukemia aja, saya bukan mikir nama penyakitnya... yg saya pikir itu, selama Bpk saya masih ada umur, itu yg saya usahakan...
Jadi ~ PR / cita2 saya setiap hari adalah saya bisa bernafas dgn baik..." 
Dokternya kaget & terdiam lama... 
🧕 : "Ya iyalah Dok... kalo bisa nafas dgn baik khan semua bisa dilakuin... PR saya masih banyak, Dok... Banyak banget malah..." 
👩‍⚕️ : "Iya, sih, Bu... semangat ya, Bu..."
🧕 : "yaaah... Dokter ngomong gini tuh ngga yakin... ngasih semangat yg ngga yakin... Dokter punya keraguan... Dokter ~ ketika saya bernafas itu ~ sekarang sebagai terapi saya, release penyakit saya... yg ada di perut saya aja, saya mikirnya kayak ada bayi dlm perut tapi ngga lahir2... trus kalo sholat ~ terlepas bicara soal Agama / hubungan manusia dgn Tuhannya ~ saya berpikir bhw dlm gerakan sholat, saya olahraga, fisik & mental diperbaiki... krn saya menganggapnya seperti kayak orang lagi yoga... saya berusaha berpikir utk semua masuk akal... krn kembali lagi ke cita2 saya ... saya bisa bernafas ..."
👩‍⚕️ : "Ya, Bu... semangat, Bu ! Kalo saya ngeliat Ibu, Ibu ngga seperti pasien saya yg lain, yg dibuang sama keluarganya sehingga mereka down, Bu... mereka blm cerita aja udah nangis, Bu... nangis terus2an ngga berhenti... tapi saya liat Ibu punya semangat yg tinggi... ada masalah pun, Ibu usaha utk cari jalan keluar... tetap semangat ya, Bu..."
🧕 : "Ya, Dok ! Tapi ngasih semangatnya ngga pake ragu kayak tadi ya... Insha Alloh saya bisa, Dokter... sekarang ini cuma lagi mempelajari rhythmnya aja, utk cari jalan tengah... semua harus berjalan dgn baik... Terima kasih ya, Dokter..." 
👩‍⚕️ : "sama2 ya, Bu... Ibu yg sehat ya..."
🧕 : "Ya, Dokter... Terima kasih Dokter..." 
***
Terapi yg aku lakukan itu krn aku pernah punya pengalaman 3 bulan sulit utk duduk, berdiri & berjalan... & ini sangat sakit... 

Jadi aku yakin ada jalan... 
Walaupun ada masa mental yg naik-turun tapi semangat utk sembuh lbh tinggi...