Senin, 05 Juni 2023

INTERVIEW

Dulu... saat aku punya sekolah di Bdg, saat recruitment guru, aku ngga pernah ada sesi wawancara / interview... kenapa ? Krn pd saat interview, orang berusaha "terbaik" dlm kurun waktu tertentu (± 1-2 jam)... dari mulai penampilan terbaik, ngomong hrs baik, sikap hrs baik, dsb... setelah keluar dari ruang interview, ia pasti akan menghela nafas lega & cari makan... 

Yg aku liat bhw kamu punya self-esteem yg tinggi yg bisa "mengelola" orang yg ada dihadapanmu... 
Di saat interview berikutnya, yg perlu kamu pasang di mindset-mu bhw kamu mjd diri sendiri... kamu pede dgn dirimu, kamu happy dgn hidupmu & kamu bisa ! 
ngga usah mikir macem2 kayak kucing2 udah dikasih makan apa belum / yg lain... 😉
Fokus ke interview aja...

Yg perlu kamu hindari / ngga boleh terpancing adalah saat "bully kecil" utk ia kepingin ngeliat emosimu... kamu hrs santai, relax ~ sepedes apapun, usaha tampil tenang... kamu jago kok ngeliat gesture, liat bahasa langit orang ~ dibawa santai, kalo yg interview seumur / kira2 ada moment pas, ajak orang yg interview becanda tapi tanpa menyinggung... 

Kayak aku ke dokter kemarin... Dokternya membahasakan panggilan ke pasien itu dgn  sebutan "kamu" saat dia manggil aku... 
Buatku pribadi, aku ngga masalah mau dipanggil apa... kamu, Ibu, De', Mbok atau apapun yg mau dia sebut... tapi disitu aku mau liat kemampuan dirinya menghargai orang lain ~ hanya penyebutan aja atau dia bikin leveling ke aku... 
Test yg aku buat : stlh USG, "dok... kenalin ini anak saya, umurnya 26 mau 27 thn ini..." 
Jawabnya : "Iya... Ooo... anak saya baru 20an, blm sampe segini umurnya..." 
Yg aku dpt dari suaranya bhw ada penurunan kepercayaan diri... artinya dia tadi bikin leveling sama aku... ia merasa dirinya lebih (berilmu) dari aku... sedangkan buatku, dokter adalah pemberi info... 

Masuk ke test yg ke-2 : ia banyak bercerita ttg ilmu yg dimiliki... dari tatapannya, dia coba "menguasai" aku krn aku menatap matanya ngga lepas krn sengaja mau banyak cari info dari dia... ia mulai merujuk dgn penekanan "garis stabillo" ke arah obat & operasi... 
Tapi ketika aku cerita bhw aku lagi mempelajari ritme siklus badan, ritme minum obat tertentu & efek dari obat itu saat aku minum & saat aku ngga minum obat itu... dia mulai terdiam... 
Aku bilang, "saya mempelajari body alarm saya dgn penyakit yg milikin termasuk advice yg Dokter kasih... dari yg termudah... & saya ceritain apa yg saya konsumsi / yg tdk saya konsumsi ke dokter adalah sbg info supaya Dokter ngga salah ambil keputusan, sekecil apapun saya cerita..." 
Ia terdiam... 

Obrolan dgn dokter, ini juga bagian dari interview... mau dibawa positif apa masuk ke dlm "bully system" yg tanpa sadar ia buat, atau ~ kita memilih apa mau "diayun"... 
Kita juga harus punya goal frame-nya... 
Jangan sampe kita ill-feel duluan dgn yg interview padahal pekerjaannya yg disuka... 
Bahasa isengnya, "belum kenal udah musuhan.." 😁
 
Aku yakin kamu bisa kok...
がんばって (*•̀ᴗ•́*)و ̑̑