Rabu, 14 Juni 2023

PAK JAM & MPOK LENTIK

Pak Jam adalah satpam di sekolah... ia mengenal kami dari anakku SD... 
Kebiasaan kami (aku & anakku) ketika dtg, hanya menyapa satpam yg bertugas saat itu... baik saat datang ataupun pulangnya... 
"Pagi, Pak... "
"Pagi, Bu... Pagi, De'..."

Ketika kami datang, aku hanya buka kaca mobil & tanya, "Pak... ada parkir kosong ? Saya bisa parkir dimana ?" 
Ia akan bergegas menyiapkan atau bahkan ia sdh mempersiapkan tempat parkir... 
Yg bikin ngga enak hati itu adalah ketika ia membuka tempat parkir Direksi utk kami... 
"Pak... jgn disitu... itu khan tempat parkir Direktur... Nanti Direktur dtg gimana ? Kita ditempat lain aja..." 
Ia menjawab, "Ngga usah, Bu... tempat lain penuh... Direktur dtg siang, nanti Direktur saya siapin ditempat lain..." 

Di 1 sisi bersyukur dapat hadiah pagi, di sisi lain deg2an ngga enak hati... 
Tapi satpam yg bertugas tetap memberikan tempat itu utk kami...
& ada perlakuan yg menurutku istimewa lagi yg lain... yaitu setiap jum'at siang saat jemput anakku, sblm parkir biasanya Pak Jam akan bilang, "Ibu, ade udah ke masjid sama temen2nya tadi jam 11.30..." 
Buatku, ini hadiah luar biasa...

Biasanya setelah anakku masuk kelas, aku suka datang ke warung tongkrongan supir depan sekolah... beli gorengan buatan Mpok Lentik... 
Kami (para Ibu2) menyebutnya Mpok Lentik krn Mpok suka pake bulu mata palsu yg cetarrr, dari bentuk yg rapat atau disusun 1 per 1 ukuran helai bulu mata... 
Aku sbg perempuan ngeliatnya bhw usaha dia pagi2 utk pasang bulu mata palsu patut diacungi 4 jempol... 

Biasanya aku langsung ke dapurnya Mpok... 
"Mpok say ... masak ape ?"
Kalo udah gitu, dia panik, ngomel & mendorongku keluar dapur... 
"Ibuuu ! Ngapain Ibu dimari...! Disini pan bau ! Bau minyak, bau asep ! Udah, Ibu mau pesen ape, tinggal nunjuk, ntar saya anter ke dalem..." 
Aku cuma bilang, "Yaaa Mpok... kagak nape2... orang mau belanje kagak boleh ? Ini tempe baru mateng ? Trus ada apaan lagi Mpok ?" (sambil aku mencomot tempe yg baru mateng yg baru ia letakkan di saringan minyak & memakannya) 
Kembali dia protes, "Bu ! Belanja ya boleh, Bu... pan Ibu dari rumah, wangi, udah cakep2 dandan, masa dimari... pan bau kompor, Bu... Nih... nih, Bu... ini semua masih anget, Ibu dimari aje, ngga usah ke dapur ya..."
Aku tersenyum ngeliat dia ngebujuk aku 😁

Itu cara "pertemananku" dgn para "VVIP" di sekolah... Buatku, mereka adalah orang2 spesial yg melihat orang dgn ketulusan... 
& hal ini juga sekaligus membuat para Ibu2 sosialita marah kepadaku 😅
Mereka ngga dpt tempat parkir VVIP & mereka ngga dpt perlakuan khusus dari Mpok (dianterin gorengan dari warung, kecuali saat Mpok dtg mereka baru pesen) 🤭

Beberapa tahun lalu, anakku kasih tau kalo Mpok Lentik udah berpulang krn sakit yg dideritanya... 

Miss you much 🤍