Rabu, 14 Juni 2023

BUDE STARLING & PAK SATPAM

Dulu, kira2  hampir 10 thn lalu, hampir setiap hari aku pergi ke skatepark utk mengantarkan anakku main skateboard... entah sejak pagi atau siang hingga menjelang maghrib... 

Saat jam sholat, aku selalu ketemu dgn Ibu2 penjual kopi keliling... kadang2 ia sering duduk dibawah pohon menggelar tikar sambil duduk meletakkan barang dagangannya... 

Awalnya kami hanya saling mengangguk tersenyum hingga akhirnya kami sering ngobrol... 
Aku sering mencarinya, duduk di atas tikar bawaannya sambil minum segelas kopi / coklat hangat buatannya... 

Ia mulai banyak cerita ttg kehidupannya... 
Kalo diliat dari pembelinya ~ secara logika, uang hasil jualannya ngga akan cukup memenuhi kebutuhannya dlm 1 bulan... tapi dia bilang, "Alhamdulillah cukup & selalu ada... tiap pagi sblm berangkat,termos saya selalu udah siap, anak saya yg buatin buat saya... trus saat kemarau panjang kemarin, rumah saya ngga ada air sama sekali... Alhamdulillah sama tetangga disuruh ngisi air sampe penuh, malah itu aja saya irit2 airnya, ngga kepingin ngerepotin... tiap hari disuruh ngisi air ke bak tapi saya ngga mau... saya cuma isi 2 hari sekali... malu , padahal boleh ngambil sepuasnya... saya ngga mau... makanan di rumah aja, pagi sblm berangkat udah ada, malam stlh pulang jualan, saya udah disiapin air hangat buat mandi, makanan udah siap di meja... Alhamdulillah itu aja udah seneng luar biasa... itu rezeki yg  saya terima..." 

Obrolan ttg cerita hidupnya menjadi cerita hidup baru... 

Kadang2 setelah ngobrol dgn Bude, suka ketemu dgn satpam TMII yg keliling naik sepeda... ini juga ketemu pd awalnya hanya saling sapa... tapi lama2 mulai ngobrol bareng... 
Kalo TMII mulai penuh, biasanya ia akan memberikan jadwal yg akan ada pengunjung membludak selama 1 bulan...
"Bu... tgl segini segini segini & jam segini, Ibu ngga usah kesini ya... penuh, tamunya rame ! Ada yg 400, ada yg 600... ngga usah dtg ya, Bu..." 
Kalo dipikir2 lucu & menyenangkan bhw ketulusannya itu yg luar biasa... Ketulusannya itu yg sampe sekarang berasa & bikin seneng... 

Aaaaahhhh ~ kangen Bude Starling & Pak Satpam keliling...
Semoga semua sehat2 & panjang umur...