Kamis, 08 Juni 2023

Miss You so much Eyang 🤍

Lagu "Ibu Guru Kami" adalah lagu yg diajarkan saat aku masih TK-SD... Alhamdulillah masih inget sampe sekarang... 

Lagu ini pernah aku nyanyikan ke guru yg mengajarkan lagu ini saat beliau di ICU... 
Saat kecil, kami memanggilnya Bu Ninik... tapi setelah beliau sepuh, aku memanggilnya "Eyang" ... 

Ketika Eyang sdh mulai sakit2an, aku suka menjenguknya, baik di rumah / di RS... Nanti Eyang cerita macam2... cerita ngajar menyanyi utk tetangganya yg udah lansia ... 
Eyang ini semasa muda adalah salah 1 asisten penyanyi laki2 seriosa pd jamannya... 

Aku mengingat Eyang ini, saat aku masih TK-SD adalah sosok yg tegas & galak luar-biasa sekaligus amat sangat penyayang pd muridnya... 
Aku bisa langsung hafal apa yg dia ajarin (mungkin krn galak kali ya 🤭)... tapi kalo lagi ujian depan kelas & ia sbg salah 1 penilai ~ ketika aku lupa jawabannya, ia bocorin jawaban tuh lewat gerakan bibirnya 😅
Kalo kita blm makan, ia akan sibuk nyiapin makan buat kita...

Jadi, saat ia sakit, aku ke rumahnya, mendengarkan ceritanya, mendengar ia menyanyi... 
Hingga saat diberitahu Eyang udah masuk ICU, aku usaha utk menjenguknya... 

Melihatnya di dlm ruang ICU, rasanya mau nangis tapi ditahan sekuat tenaga... masih usaha utk ngajak becanda Eyang... 
"Yang... ayo ah lekas sembuh... Nanti kita cerita2 lagi, nyanyi bareng lagi... kasihan murid2 Eyang di rumah juga nunggu Eyang sembuh lho... nunggu diajarin Eyang lagi... lekas sehat ya, Yang... 
Yang... gimana kalo kita nyanyi bareng... aku yg bersuara, Eyang yg nyanyi dlm hati ya... 
(sambil bolak-balik aku melihat monitor yg ada disebelahnya, utk liat responnya apa...) 
「 Ibu guru kami... 
pandai bernyanyi...
pandai bercerita, asyik sekali... 
kami dibimbingnya...
dengan s'tulus hati... 
(disini aku tercekat, susaaah rasanya buat nerusin...) 
jadi orang berguna...
dikemudian hari... 」" 

Air mataku & air matanya sama2 menetes... 
Rasanya saat itu ia bilang, "makasih ya, Nak..." 
Tapi akhirnya aku yg bilang, "Eyang... terima kasih banyak udah banyak ngajarin kita semua... maafin kita semua kalo kita semua dulu suka bikin Eyang marah... kita semua kepingin Eyang sembuh, panjang umur, biar kita bisa nyanyi bareng lagi... Mohon maaf lahir-batin ya, Yang..." 

Aku lebih mendekat ke arah tangannya, kucium tangannya... ada gerakan spontan di jari tangannya & kakinya... 
"Eyang... Eva pamit dulu ya, nanti Eva jenguk Eyang lagi... sekarang Eyang istirahat & Eyang cepet sembuh ya..." 
Aku pamit ke luar ruangan ICU sambil mengusap air mataku yg mulai deras tanpa bisa ditahan... 

Aku bicara dgn anaknya apa yg kami lakukan bersama didalam & reaksi yg Eyang sampaikan... 
Keluarganya cerita bhw selama di ICU, Eyang ngga kasih respon apa2...

3 hari kemudian, dapat kabar bhw Eyang berpulang... 

Innalillahi wa inna Illaihi roji'un... 
Sesungguhnya kami milik Alloh dan kepada-Nya lah kami kembali

I Miss you so much, Eyang 🤍

Al-Fatihah