Senin, 26 Juni 2023

BODAT

Bayiku homeschooling sejak SD kls.5 hingga lulus SMA... 
Kalo ngga salah, saat SMP kls besar anak2 udah mulai mengekspresikan diri ke Tutornya & kadang2 Tutornya juga iseng... 

Pernah saat di kantin, Tutornya duduk di kursi kantin tapi kakinya naik ke meja, tangannya sambil diletakkan di sandaran kursi & dia dgn pedenya bilang ke muridnya yg lewat, "eh, ngga liat ada orang ganteng di sini ?"
Anak2 yg lewat cuma noleh & pergi... giliran aku & bbrp Ibu yg ngeliat, ketawa ngakaklah... 
Akhirnya ia malu & menurunkan kakinya dari meja, "eh, ada Ibu..."
Kita cuma bilang, "kemana aja tadi, Kak ?" 😂

Saat SMA... anak2 udah mulai bicara lepas... mulai bisa mengekspresikan diri, mulai bisa membedakan ranah kesopanan... ketika di kelas, mereka panggil Tutornya dgn "Kak" tapi diluar kelas mereka udah ngomong "loe-gw" ... 
Anak2 pun udah mulai mengekspresikan bahasanya tapi bahasa kebun binatang, bahasa kamar mandi, bahasa tempat tidur ngga diijinin... makian umum masih boleh... 

Suatu kali, anak2 laki2 panggil temannya, "Woy, Bodat !"
Aku yg denger langsung reflex, "eh, siapa tuh !"
Anak2 langsung noleh, senyum & ketawa... "Tante ngerti juga ?"
Aku jawab, "Ya ngertilah ! Monyet khan ? Itu bahasa Batak... siapa yg kamu panggil Bodat tadi ?" 
Aku ngomong sambil ketawa2 & mereka pun tertawa...
Mereka menjawab, "ngga Tante... manggil si itu..." 
& itu mjd rahasia diantara anak2 ketika panggil temannya didepan Tutornya... 
"Woy, Bodat !"
Tutornya tanya, "kenapa kamu panggil dia Bodat ?"
"ngga, Kak... itu panggilan sayang saya ke dia aja..." 
Lagi2 aku yg mendengarnya senyum2 sendiri... 
"dasaaaar anak2 !" 🤣🤣🤣