Minggu, 25 Juni 2023

BRAND

Udah 2 hari ini, bayiku tidur lbh awal...
Ada rasa seneng liat ia mulai mengatur pola tidurnya...
Krn biasanya ia menahan tidurnya demi "sesuatu", apapun itu...
Dgn liat dia tidur lbh awal, dibangunin cukup ketok pintu pelan / ditelp (dibangunin ia saat tidur) mjd mudah ~ hal kecil itu yg membuatku bersyukur... 
Apapun itu, ia belajar dari siapa, aku amat bersyukur & berterima kasih... Alhamdulillah... 

Bbrp hari sebelumnya...
Saat makan malam, hanya aku & bayiku (nechan nyusul belakangan) aku bertanya padanya, "gmn kabar pacarmu ?"
Ia jawab, "baik..."
Aku mulai bertanya lagi, "kamu suka berantem ?"
Ia menjawab, "Ngga pernah berantem..."
Aku bilang, "baguslah kalo kamu ngga pernah berantem... kalo orang beda pendapat itu biasa... tapi disampaikan dgn cara yg baik... omongin baik2... tapi kalo seandainya perempuan udah bikin kamu nangis sampe kedalem hati, bikin harga dirimu terinjak sampe berani maki / teriak sama kamu... perlu kamu ingat kalo ia bukan termasuk 'kriteria' ... ia punya 'bibit', bibit merendahkan & menghancurkan harga dirimu di masa depanmu nanti..." 
Krn bbrp hari sebelumnya... saat tengah malam, aku mendengar seperti ada suara mesin amplas yg bunyi ~ lamaaa sekali... kemudian ada suara pukulan / tendangan ke dinding / kayu, kedengeran ada yg dilempar, terdengar ia menangis kemudian denger ia argued dgn seseorang... lamaa sekali... dari mulai awal aku denger sampe ngga ada suara, kira2 ½ jam s/d 1 jam... aku yg mendengar ~ hanya mampu mendo'akannya tanpa mau menanyakannya saat itu... aku biarkan ia mengeluarkan apa yg ia rasakan dlm hatinya, agar ia merasa lega & mulai belajar berpikir dgn baik... 
(aku ingat persis saat itu terjadi adalah esoknya aku ke Snapy & kami ketemu selisipan di jalan & paginya ia ada rencana mau naik motor dgn temannya...) 
Ngga lama Nechan dtg & kita ngga nerusin obrolan lagi...

Aku pernah bilang ke anak2... 
"Nak... kalo kamu nanti cari pasangan hidup, baik itu suami / istri ~ dia memperlakukanku spt apa ? Ibu apa 'Tante' ? Kalo Ibu artinya ia menerimaku dgn segenap hatinya, dgn segala kelebihan & kekuranganku... tapi kalo ia menerimaku sbg 'Tante' atau Ibu dari pacarmu, ini biasanya ngga lama... artinya ia cuma mau sama kamu & ia menolakku... gmn dgn yg lainnya ? Perlu kamu ketahui bhw kami sbg orangtua akan membuka tangan & hati kami lebar2 utk 'anak baru' kami... tapi kalo ia memperlakukanku sbg 'Tante', besok2 di saat masa depan, ia bisa menolakku & ia bisa kurang ajar sama kamu..." 

Syarat yg sederhana dariku... 

Krn ada pengalaman, saat bayiku mulai 'punya pacar' ~ anak perempuan & keluarganya 'menjajah' bayiku & aku... 
Saat anakku libur sekolah, tiba2 ia keluar kamar & lari terbirit2...
"Bun... dia mau ketemu sekarang..."
Melihat apa yg dia lakukan barusan, aku cuma bilang, "jangan sampe dia bilang, 'khan ada Ibu kamu... minta anterin aja sama Ibu kamu !' Inget ya... aku bukan babunya ! Aku mau anter anakku dgn senang hati bukan disuruh kayak dia nyuruh babu ! Suruh dia ngomong sopan !" 
Anakku dgn polosnya bilang, "Iya, dia tadi bilang gitu..."
Aku langsung jawab, "No way ! Ngga mau ! Enak aja... aku bukan babunya ! Belajar ngomong yg sopan !"

Belum lagi ia menanyakan merk tas yg aku pake, merk baju yg aku pake (tapi dia ngga nanya sandal yg aku pake krn tau itu ngga ada merk besar 😅)... 
Duh ! Berasa ngomong sama Ibu2 sosialita... Ngga Ibu - ngga anak sama aja...
Kalo udah gini, aku cuma bilang, "kalo hebat itu, perempuan pake tas kresek ke mana2... kalo merk itu bisa beli... ada rezeki lebih, kapan aja bisa beli... kalo berani  pake kresek artinya ia punya kepercayaan diri yg tinggi... kepercayaan dirinya bukan di merk yg dia pake tapi melekat di dirinya..."
& aku ngeloyor pergi 😂