Rabu, 17 Mei 2023

TAK USAH BEGADUH

Saat anak2 masih kecil, aku suka bilang ke mereka utk mereka ngga berantem didepanku, bila mereka beda pendapat ~ aku minta mereka menyelesaikannya berdua dengan cara baik2... 
Kalo mereka rebutan mainan, mainannya aku ambil... 
Kalo mereka rebutan makanan, makanannya aku ambil & aku habiskan... 
Utk mengingatkan mereka bhw ketika kelak mereka ngeributin rezeki (dgn siapa aja) ~ yg ada Tuhan akan mencabut / menangguhkan rezeki / kenikmatan yg akan dikasih... 

Pernah suatu kali mereka ribut didlm mobil (saat itu mereka masih balita) & aku sedang nyetir... mobil aku berhentikan & aku buka pintu dekat mereka duduk... aku minta mereka keluar dari mobil, menyelesaikan masalahnya di luar mobil... akhirnya mereka diam tanpa suara... 
Aku sampaikan pd mereka bhw perbedaan pendapat bisa dibicarakan baik2 tanpa nada tinggi & kata2 kasar... 
"kalian yg berkelahi, dunia Bunda rasanya runtuh ! Sakit dengernya..." 

Dan itu terbawa hingga kini...
Aku sampaikan ke anak2 bhw ketika kalian punya masalah dgn pasangan kalian, jangan ribut depan Bunda, Bunda ngga suka ribut... Bunda ngga suka bising... Bunda ngga suka nada tinggi yg negatif... rasanya sakit, perih, lemas, rasa dunia runtuh... 
Ada bahasa yg bisa disampaikan dgn cara yg baik... 
Akhirnya ~ mereka belajar menyelesaikannya dgn cara baik2... walaupun setelah itu tetap keliatan dari wajah mereka bhw mereka baru selesai menyelesaikan masalahnya...
Lebih nyaman baik2, tak usah begaduh...