Kamis, 04 Mei 2023

GURUKU

Aku belajar dari banyak guru...
Kebanyakan guruku itu berasal dari lingkungan sekitarku & ngga harus ia itu guru di sekolahan... 

Ketika TK & SD, aku merasa aku "ngga sekolah" karena memori yg aku ingat adalah kami lebih banyak bernyanyi & bermain musik, bukan sekolah, walaupun sekolah dari pagi sampai sore...  

Guru menyanyi kami adalah asisten Pak Pranadjaja... Pak Pranadjaja adalah guru menyanyi ngetop pada jaman dulu & (setauku) utk belajar disana itu harus bayar mahal... 

Kembali cerita ke guruku ~ beliau mengajarkan banyak hal... ia "galak"nya luar biasa sekaligus perhatian & baiknya luar biasa... 
Walaupun ia sdh tidak mengajar aku lagi, aku masih berkomunikasi dgnnya, menjenguk ke rumahnya hingga saat beliau sakit... & disaat beliau di ICU, aku sempat menjenguknya... aku sempat menggodanya, "Eyang... kok disini ? Cepat sembuh ya, Yang... Nanti kita nyanyi bareng lagi... apa kita nyanyi sekarang, Yang ? Nyanyi yuk, Yang..."

Aku mengajak ia menyanyikan lagu yg ia ajarkan kepada kami saat kami kecil sambil memperhatikan grafik mesin di sampingnya... 

♪「Ibu guru kami ~ pandai bernyanyi... 
5 5 6 7  | 2' . 1'. | 5 . 5 6 | 3 . 4 .  
Pandai bercerita ~ asyik sekali... 
4 4 5 6 | 1' . 7 . | 4 4 5 . | 2 . 3 . 
Kami dibimbingnya ~ dengan s'tulus hati... 
5 5 6 7 | 2' . 1' . | 5 5 5 4 | 3 . 6 .
Jadi orang berguna dikemudian hari... 
2' 6 2' 6 | 2' 1' . 5 | 6 6 7 6 | 5 . 1' . 」♪

Menyanyi ini, air mataku menetes... suaraku tercekat... 
Grafik di sampingnya pun sempat ada penebalan & aku liat air matanya menetes dari matanya... 

Aku cuma bilang, "Eyang lekas sembuh, ya... Nanti kita nyanyi sama2 lagi..." 

Beberapa hari kemudian, dapat kabar bahwa ia berpulang... 

Waktu berjalan cepat... 
Sekarang, aku belajar lagu dari sekitarku... Banyak jenis musik yg aku dapat, sampe2 aku ngga tau ini masuk aliran jenis musik apa ~ hip hop / R&B / rap / beat / tekno / apa ... but I love it ! 
Jadinya ~ selalu menanti lagu baru..
Yaaa~ se-ngga2nya kalo diajak nyanyi sama keponakan2 ngga ketinggalanlah... atau mereka saat nanya, "Tante... aku tau lagu ini tapi ngga tau nada awalnya..." , aku bisa jawab... Walaupun suaraku bukan suara penyanyi tapi lumayanlah cukup sebagai orang yg suka nyanyi aja... ๐Ÿ˜