Kamis, 18 Mei 2023

元気ですか?

元気ですか ? 
Cuma baru segitu aja bisa ngomongnya ... 🤭😁
Kalo jawab pun masih perlu contekan 😅

Bahasa yg aku dapat krn kebiasaan hari2 ketemu orang... 

Inget saat pindah ke Bdg dimana ngga bisa sama sekali bahasa Sunda, belum hafal jalan, dsb... 
Inget pesen Mama ketika kecil waktu belajar naik kendaraan umum, "hafalin terminalnya & kendaraan menuju rumah" 
Trus inget pesen kakak ipar, "loe kalo mau hafal jalan, naik angkot..." 

Akhirnya aku beranikan diri naik angkot utk menghafal jalan... 
Aku mulai memperhatikan trayek tujuan yg tertera di kaca depan angkot, baik yg pergi & yg pulang... setelah itu, baru nyebrang jalan & mulai naik angkot... tapi nanya dulu...
🌹 : "Pak... ini lewat BIP ?" (nama mall lama di Bdg) 
🌿 : "muhun, Bu..." (sambil mengangguk) 

Kepalaku berpikir... sebentar2... aku taunya nuhun~ artinya terima kasih... ini kok muhun, artinya apa ? Tapi kok dia ngangguk ? Apa artinya iya ? 
Tapi aku tetap naik... 
PR pertama : arti kata muhun ...
Setelah sampai BIP, muter sebentar & ketika keluar liat angkot semua 1 arah... 
PR ke-2 : gimana cara naik angkot ke arah rumah ? 
Akhirnya mulai tanya lagi, 
🌹 : "Pak... kalo mau ke Ledeng lewat mana ?"
🌿 : "pali ditu, neng... jalan sedikit nanti teh aya angkot jurusan kb.kelapa - ledeng..."
Pali ditu artinya apa ? Kalo nonton khan bisa baca terjemahan dibawahnya ... 
Krn liat gesture, kayaknya artinya sebelah situ... 
Utk penyebutan "Neng" ~ Belakangan baru aku tau bhw ketika perempuan dipanggil Neng, itu bentuk sapaan hormat ~ bukan spt di Betawi... sekedar penyebutan aja...
Hari itu, lulus sampe rumah ! 

Waktu berjalan... anak perempuanku mulai sekolah ... pulang2 dia ngomong pake bahasa Sunda...  
Halah ! Emaknya gimana nimpalin jawabnya... yg muhun aja baru kelar 😅
Aku belajar sama siapa ?
Lama2 lbh banyak "belajar kuping" alias belajar sambil mendengarkan... 

Setelah anak laki2ku lahir & sekolah, bahasa Sundaku mulai nambah kosakatanya... 
Suatu kali ngobrol dgn guru anakku, dia ngomong campur2 ~ bahasa & bhs.Sunda ... aku mulai memberanikan diri berbicara pake bhs.Sunda tapi responnya, "Bu... udah deh, Bu... ngga usah ngomong pake bhs.Sunda, ngga enakeun !" (dgn logat Sundanya yg kental) 🤦‍♀️

Setelah itu ~ bhs.Sunda-ku bye2 ! Ngga nambah blas ! Daripada disumpahin / diomongin ngga enak / ngebuat kuping orang gatel, mending ngga sekalian... 
Tapi... disaat di Bdg, mulai belajar bahasa kromo & slang-nya... 
Lumayanlah ~ kalo diajak ngobrol ngerti, ngga bego2 amat 😁

Akhirnya ~ kosakata bhs.Sunda yg aku dapat baru keluar setelah balik ke Jakarta ... 
Dimana logat ngga dipermasalahin... 🤭

* cerita pengalaman belajar budaya ~ yg kadang bikin aku tersenyum sendiri mengingat belajar budaya itu bikin seneng, seru & nagih !