Kamis, 04 Mei 2023

CHIP MANUSIA

Pada saat hadir di acara Buka Puasa bersama yg diadakan oleh salah satu perusahaan IT, teman yg duduk disebelahku cerita bahwa ia dari PIK (Pantai Indah Kapuk), dia bercerita kalo dia liat krematorium... aku bertanya, "masuk ke sana, ngga ?"... dia menjawab, "ngga, Bu..." 

Kemudian aku bercerita ttg pengalamanku ...
Saat tinggal di Bandung, tetangga depan rumah meninggal... 
Ia berasal dari etnis Tionghoa... 
Ia meninggal krn penyakit yg dideritanya setelah sebelumnya sempat bbrp waktu dirawat di RS di Singapore... 
Ia disemayamkan di rumah duka di belakang gereja RS di Bandung... 
Kami datang melayat, bertemu dgn istri & anak2nya...
Saat di rumah duka, kami pun bertemu tetangga2 yg datang melayat... 
Saat suamiku ngobrol dengan tetangga, aku melihat 1 tempat yg aku belum tau banyak infonya, yaitu ruang krematorium...
Aku minta ijin ke suamiku ~ memberitahukan bhw aku mau ke depan ruang krematorium...

Saat ke depan ruang krematorium, rupanya ada petugas yg berjaga... 
๐Ÿง• : "Pak... saya boleh tanya2 ? Maaf ya, Pak... saya baru pertama kali ke sini..."
๐Ÿง‘ : "Boleh, Bu... silahkan..."
๐Ÿง• : "Pak... kalo itu apa ?" (sambil menunjuk oven besar (tepatnya, sepanjang ukuran tinggi manusia) 
๐Ÿง‘ : "Itu oven, Bu..."
๐Ÿง• : "untuk ngebakar ?"
๐Ÿง‘ : "iya, Bu..."
๐Ÿง• : "berapa derajat panasnya & berapa lama ?"
๐Ÿง‘ : "1000゜, Bu... lamanya, beberapa jam Bu..."
๐Ÿง• : "Habis ? Hancur ? Sisa tulang2 ?"
๐Ÿง‘ : "ngga, Bu... semua jadi abu tapi pasti ada yg sisa 1... 1 tulang, bentuknya kecil... kayak chip gitu... nah ~ dari semua jenazah yg dibakar, semuanya yg sisa hanya itu..."
๐Ÿง• : "warnanya apa setelah dibakar ?"
๐Ÿง‘ : "warnanya macam2, Bu... ada yg putih, ada yg abu2, ada yg hitam... rupanya itu mewakili cerita tentang orangnya, Bu... apakah dia baik apa ngga... itu pun kita tau dia kayak gimana dari cerita keluarganya... kalo dia baik , warnanya putih... kalo dia jahat, hidupnya ngga bener ~ dari mulai suka minum, jahat sama orang, cari nafkahnya ngga bener ~ itu biasanya hitam, Bu... nah kalo warna abu2, ya ~ tengah2nya deh !"
๐Ÿง• : "Oo... gitu... Makasih ya, Pak..."

Setelah bertemu & dapat ilmu dari Bapak tadi, aku mulai mencari tau... 

「Telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits serta telah ada pembuktian secara sains modern saat ini. Beberapa keistimewaan tulang sulbi adalah tulang sulbi memiliki peranan penting dalam proses penciptaan manusia, tulang sulbi merupakan satu-satunya bagian dari tubuh manusia yang tidak akan mengalami kerusakan meskipun diberi perlakuan pemanasan, pembakaran hingga pengasaman menggunakan bahan kimia, tulang sulbi juga merupakan tulang yang menjadi cikal bakal dibangkitkannya kembali manusia setelah hari kiamat.」

Ya Alloh Ya Robbana... 
Kiranya Engkau menjadikan kami hambaMU yg bertaqwa & kami berlindung padaMU dari siksa neraka... 
Aamiin Ya Robbal 'alamiin...