Jumat, 10 April 2009

GURU YANG BEROLEH - OLEH

Guruku adalah seorang laki - laki yang berusia +/- 50 th .
Beliau memiliki madrasah , tempat orang belajar (sekolah) .
Di madrasahnya banyak orang yg belajar . Tidak pandang usia . Ada yg balita , ada pula yg dewasa .
Disana orang belajar gratis , tapi siapa saja yg datang kesana setidak - tidaknya mendapat suguhan air minum .
Muridnya tidak pernah dimarahi . Kalau ditanya kenapa , beliau akan menjawab , "manusia diciptakan oleh Alloh harus tulus , legowo , ikhlas , sumeleh , apa adanya . Tidak boleh dongkol / jengkel , apalagi marah - marah . Karena kalo manusia jengkel / marah - marah , rezekinya akan 'nutup . Harusnya rezeki / rahmatnya dapat 10 eh .... gara - gara marah / jengkel , akhirnya cuma dapat 3 . Alloh itu Maha Sabar & Maha Agung , kok manusia yg jadi ciptaanNYA justru nggak sabar ?"

Bukan hanya itu saja yg banyak orang akhirnya banyak belajar darinya . Ketika ia berkunjung ke tempat muridnya , ia selalu membawa oleh - oleh . Barang bawaannya pun bukan barang yg mahal , tapi makanan yg beliau bawa adalah makanan daerah & jumlahnya banyak sekali . Kalo muridnya berbalas oleh - oleh , beliau dengan santun akan menolak . Bahwa ia datang hanya untuk berkunjung , bukan untuk berbalas oleh - oleh . Dan ia bukanlah orang yg berkelimpahan harta .
Mungkin .... ia termasuk orang berkelimpahan Rahnat & kasih sayang Alloh , karena ia memberikan & menjalani hidupnya denga keikhlasan , sehingga ia dicukupi segala kebutuhan hidupnya oleh Alloh SWT.

Dimana lagikah kita akan menemui seorang guru yg tutur katanya santun , tingkah lakunya dpt digugu & ditiru , memberikan ilmunya dengan keikhlasan , yang menjadikan muridnya menjadi manusia yg berakhlak mulia ?