Jumat, 28 April 2023

Kali ini aku belajar darinya

Kedekatanku dgn kakak2 & abang ipar serta keponakan2 membuat kami bisa banyak cerita banyak hal, khususnya ttg keahlian, pekerjaan, sifat serta mereka masing2... 
Orang yg berbeda, pasti akan bercerita hal yg berbeda... 

Suatu kali, aku & keponakanku bercerita ttg Artificial Intelligent (AI) ... semuanya dibahas ... 
Entah mulai dari mana, ia mulai berkomentar... 
"Tan... Tante tuh musti ngeluarin apa yg dirasain... keluarin, biar lega ! Kalo aku ~ kayak waktu Mama ngga ada... aku menyendiri dulu... nangis aku puasin, setelah itu nangis baru aku bisa seperti biasa..." 
"Tante ngga bisa kayak gitu... apalagi kalo berhubungan antara 1 dgn yg lain... Hal ini Tante belajar saat Papanya Tante dari mulai sakit hingga berpulang... saat ngurus Papanya Tante, harus poll semua (fisik & mental) padahal saat itu lagi capeknya luar-biasa... setelah Papanya Tante berpulang ~ kami naik ambulance ~ Tante liat adiknya Tante nangis sesegukan, semua orang yg ada di ambulance nangis... sesampainya di rumah, masuk ke rumah kayak suara tawon, semua nangis ! Orang ngomong ngga bakalan kedengeran... Tante cuma teriak dari pintu masuk, 'ngga boleh ada yg nangis ! Wudhu ! Ngaji ! Do'ain Papa ! Bukan ditangisin ! Kasihan Papa !' ... dari situ, Tante belajar utk harus bisa memberi support ke orang lain walaupun di saat ngga nyaman..."
"Ok, aku percaya Tante pasti punya cara sendiri utk ngeluarin / ngalihin perasaannya..." 
***
Awal kami mulai bisa cerita banyak hal adalah ketika aku melihat sisi inggah-inggih_nya yg luar biasa...
Saat diajak makan bareng, ia akan bilang, "aku masih kenyang..." demi memilih makan paling akhir... 
Saat itu, aku hanya melihat dalam matanya, aku melihat tekstur kulit wajahnya ~ kemudian aku akan bilang, "dia bohong itu ! dia lapar tapi dia malu2..." 
Karena ketahuan, ia akan menyeringai & tertawa...

Lain waktu lagi, saat aku ngumpul dgn yg lain & ia lewat ~ ia mendengar sepintas apa yg aku omong... 
"aku rasanya deg2an, rasanya jantungku mau copot kalo Tante udah mulai cerita serius dgn muka tenang... itu pasti penting banget..." 
Aku hanya tertawa... 

Kali ini ~ aku belajar darinya... 
Belajar mengekspresikan perasaanku, walaupun itu menangis... 

Jazakalloh khoiron katsiro... 
Hanya Alloh yg mampu membalas kebaikanmu... 
Alhamdulillahi Robbil 'alamiin...