Kamis, 29 Juli 2021

IYUK LUPIS

Iyuk Lupis adalah penjual kue keliling...
Ia berkeliling menjajakan kue dagangannya menggunakan sepeda tuanya...

👩‍🦱 : "Kue ~ kue ~ yuhuuuu !!!"

Suaranya akan mudah terdengar hingga 1 blok ...
Bila ia tertawa pun, suara tawanya terdengar hingga 3 rumah...

Ia berjualan dari pagi hingga siang...
Ia selalu tersenyum & raut wajahnya selalu ceria...

🧕🏻 : "Yuk, bawa kue apa aja ?"
👩‍🦱 : "Lupis, arem2, risol, rogut, gorengan..."
🧕🏻 : "saya beli lupis, trus risol, trus..."
👩‍🦱 : "Bu... ini buat si cantik, ini buat si ganteng, ini buat si Papi..."

Aku tersenyum sendiri karena ia pun memberikan julukan kepada kami...

Suatu hari ia mengeluh...
👩‍🦱 : "Pusing saya Bu... udah beberapa hari ini, jualan ngga laku sama sekali ?"
🧕🏻 : "satu kue juga ngga laku ?"
👩‍🦱 : "iya, Bu... itu dia..."

Aku berpikir keras... ada hal yg salah... karena ngga mungkin Alloh membuat sebab seperti ini kalo ada hal yg benar, pasti ada yg salah...

🧕🏻 : "Maaf, Yuk... Iyuk sholat ngga ?"
👩‍🦱 : "Ngga, Bu... kalo inget aja..."
🧕🏻 : "Ya ~ itu salahnya... wis, sholatnya jangan ditinggal... kalo Iyuk sholat, memperbaiki sholatnya, nanti Alloh memperbaiki kehidupan Iyuk..."
👩‍🦱 : "Ya, Bu..."

Beberapa bulan ia ngga jualan, tiba2 suaranya terdengar lagi...

Aku menghampiri...
🧕🏻 : "Yuk ... kemana aja ? Kok kurusan ? Diet ? Ciye... ciye... Iyuk diet..."
👩‍🦱 : "Ah, Ibu... saya sakit, Bu... semenjak terakhir kita ngobrol waktu itu, Bu... besoknya saya sakit... ngga bisa bangun... udah gitu, anak saya ngga bantuin saya, Bu... saya dibiarin, saya ngurus diri sendiri... yg ada, saya diomelin mulu... saya cuma bisa nangis... lama2 saya mikir, ini salah saya... krn saya ngga sholat... saya kapok, Bu... stlh itu saya coba utk sholat, Bu... sholat 5 waktu, tiap adzan langsung sholat... Alhamdulillah semua berasa enteng... semua berasa lbh mudah..."
🧕🏻 : "Alhamdulillah ... syukurlah..."